Skip to main content

Cara Membuat Animasi Gerak dengan pergeseran tempat

Dan Untuk pertemuan kali pada postingan ini kita akan membuat animasi sebuah objek yang dapat bergerak/ bergeser dari suatu tempat ke tempat lain (ke samping, ke atas, ke bawah dan sebagainya) langkah-langkahnya sebagai berikut:
1. Setelah membuat file baru, pilih Oval tool pada toolbar (atau tool yang lain sesuai bentuk objek yang akan dibuat).
2. Buat sebuah lingkaran pada layar kerja.
Lingkaran pada lembar kerja
3. Pilih Selection tool, kemudian klik dua kali pada lingkaran untuk mengaktifkan lingkaran.
4. Pilih Modify > Convert to symbol

modify
5. Pada kotak dialog  convert to simbol yang tampil isikan  Name lingkaran dan Type pilih Graphic seperti berikut:
convert to simbol
6. Pilih OK
7. Klik mouse di frame 30 pada Timeline, kemudian pilih Insert > Timeline > Keyframe atau Klik kanan mouse pilih Insert Keyframe.
 
insert keyframe
8. Klik mouse pada lingkaran, kemudian geser lingkaran ke sembarang tempat (sebagai contoh di sini digeser ke arah kanan)
Geser lingkaran
9. Blok pada Timeline dari frame 1 hingga frame 30.
10. Pilih jendela Properties, pada pilihan Tween pilih Motion.
motion tween
Atau Klik kanan mouse pada Timeline pilih Create Motion tween
Timeline dg create motion tween
Sekarang coba jalankan animasinya dengan cara pilih Control Play atau tekan Enter pada keyboard Catatan :
Anda dapat merubah gerakan awal dan akhir dengan cara:
- Klik mouse pada frame 1 (untuk awal gerakan) kemudian ubah letak lingkaran pada layar, dan
- klik mouse pada frame 30 (untuk akhir gerakan) kemudian ubah letak lingkaran.
Untuk mempercepat gerakan animasi geser keyframe akhir ke kiri (30).

Comments

Popular posts from this blog

Istilah-istilah dalam flash

Perlu kita ketahui sebelum kita mempelajari lebih jauh tentang Flash kita harus tau dan mengetahui atau paling tidak kita memahami tentang istilah-istilah yang ada pada flash tersebut agar kita di saat mempelajari lebih lanjut lebih mudah dalam mempelajarinya baiklah perhatikan istilah tersebut di bawah ini ; Timeline : bagian yang digunakan untuk mengatur susunan layer.   Layer : bagian yang digunakan untuk mengatur susunan dari obyekyang tampak di stage.   Scane/stage : layar yang digunakan untuk menyusun obyek gambar , teks, animasi dll.   Frame : suatu bagian dari layer yang digunakan untuk mengatur pergerakan animasi.   Keyframe: suatu tanda yang digunakan untuk membatasi suatu gerakan animasi.   Animasi : sebuah gerakan obyek maupun teks yang diatur sedemikian rupa sehingga kelihatan menarik.   Movie clip: suatu animasi yang dapat di gabungkan dengan animasi atau obyek lain.   Action/script : suatu perintah yang diletakkan pada sua...

Cara menggunakan dasar tool-tool pada Adobe Flash CS3

Setelah kita mempelajari dari awal tentang apa itu animasi sampai macam-macamnya software yang digunakan dalam pembuatan animasi tetapi dalam hal ini yang kita pakai softwarenya yaitu Adobe Flash CS3 Professional, Sekarang kita akan menggunakan garis dengan Line tool sebagai awal kita mempelajari bersama-sama baiklah kita mulai : 1. Cara Membuat garis dengan Line tool Adobe Flash CS3 telah menyediakan pilihan untuk membuat beragam bentuk garis. Pilih ikon Line Tool pada toolbar di sisi kiri layar, kemudian lihat pilihannya di panel Properties di sebelah kiri bawah layar, Masukkan angka ketebalannya. Dan untuk memulai garis klik pada stage dan drag sepanjang yang anda inginkan. Dan perhatikan gambar di bawah ini dan perhatikan toolbar pada line tool yang dipilih untuk membuat garis ; Line tool 2. Cara Membuat garis dengan pencil tool Dan sekarang Untuk membuat garis bebas, Pilih ikon Pencil Tool pada toolbar sisi kiri dan pilih warnanya pada panel Colors di bawahnya. U...

Cara membuat tombol kontrol play dan stop pada adobe flash CS3

Pada postingan berikut ini digunakan sebagai pelengkap tutorial Pause dan Play Suara. Pada tutorial kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara menghentikan suara yang sedang dimainkan. Sebenarnya pada script Pause dan Play Suara sudah ada. Tapi karena digunakan dalam tombol pause, mungkin ada yang belum tahu. Untuk menghentikan suara kita cukup menuliskan stop() pada variable yang menampung suara yang sedang dimainkan. Misalnya : suara ditampung pada variable Musicz , maka untuk menghentikannya kita menuliskan Musicz.stop() Setelah mengikuti kegiatan belajar ini, Anda diharapkan dapat: Membuat tombol dan Mamberi action pada tombol Dan Membuat tombol kontrol kita bisa menggunakan sesuai dengan keinginan bisa mengunakan panel Library atau kita bisa juga dengan mendesign sendiri dengan menggunakan menu toolbar yang tersedia A. Membuat Tombol Buka file animasi masking (ini hanya untuk mempercepat tutorial) Buat layer baru, beri nama Kontrol . Seperti gambar dibawah in...