Skip to main content

Posts

Showing posts from July 21, 2014

Istilah-istilah dalam flash

Perlu kita ketahui sebelum kita mempelajari lebih jauh tentang Flash kita harus tau dan mengetahui atau paling tidak kita memahami tentang istilah-istilah yang ada pada flash tersebut agar kita di saat mempelajari lebih lanjut lebih mudah dalam mempelajarinya baiklah perhatikan istilah tersebut di bawah ini ; Timeline : bagian yang digunakan untuk mengatur susunan layer.   Layer : bagian yang digunakan untuk mengatur susunan dari obyekyang tampak di stage.   Scane/stage : layar yang digunakan untuk menyusun obyek gambar , teks, animasi dll.   Frame : suatu bagian dari layer yang digunakan untuk mengatur pergerakan animasi.   Keyframe: suatu tanda yang digunakan untuk membatasi suatu gerakan animasi.   Animasi : sebuah gerakan obyek maupun teks yang diatur sedemikian rupa sehingga kelihatan menarik.   Movie clip: suatu animasi yang dapat di gabungkan dengan animasi atau obyek lain.   Action/script : suatu perintah yang diletakkan pada suatu frame atau obyek sehingga frame

Cara membuat animasi perubahan bentuk pada adobe Flash CS3

Setelah kita mempelajari bersama-sama cara membuat animasi gerak dan perputaran gerak dan kalau bisa itu kita pelajari berulang biar kita semakin bisa meski kita jauh dari mahir, karena itu menjadi mahir kita harus banyak belajar berulang-ulang dan kalau bisa mari kita pelajari lagi secara berulang juga mulai pada postingan pertama pada materi Adobe Flash CS3 Professional ini yang ada pada postingan ini, karena pada postingan yang pada blog ini merupakan postingan tahap pemula dan perlu kita peljari secara seksama. Dan sekarang kita akan mempelajari cara membuat animasi perubahan bentuk, meski contohnya sederhana paling tidak kita tau bagaimana caranya membuat animasi perubahan bentuk, untuk itu mari kita perhatikan contoh di bawah ini bersama-sama : 1. Buat sebuah file baru. 2. Dengan menggunakan Oval Tool buatlah sebuah bentuk oval. seperti gambar berikut di bawah ini ; Oval 3. Klik di frame 40 pada timeline, klik kanan mouse pilih Insert Blank Keyframe . seperti gambar b

Cara membuat gerak dan berputar pada Adobe flash CS3

Pada pembelajaran sebelumnya yang di postingan sebelumnya kita sudah membuat gerak dengan pergeseran tempat dan pada pertemuan kali ini kita akan mempelajari animasi gerak serta animasi berputar dan langkah-langkah pada urutan pada postingan Cara Membuat Animasi Gerak dengan pergeseran tempat sampai pada langkah 10, contoh sebagai berikut di bawah ini: 1. Animasi Gerak dengan Pembesaran atau Pengecilan Bentuk Untuk membuat animasi gerak dengan pembesaran atau pengecilan bentuk, lakukan langkah yang sama dengan pembuatan animasi pergeseran tempat hingga langkah ke 10 . 1. Kemudian klik frame 30 pada Timeline. 2. Pilih Free Transform Tool , arahkan kursor ke salah satu titik sudut yang muncul di gambar lingkaran. Sambil menekan tombol Shift pada keyboard, Klik mouse pada titik tersebut dan geser ke arah luar hingga lingkaran membesar. Kemudian lepaskan mouse. Jalankan animasi dg menekan tombol Enter . Free Transform Tool Catatan: Untuk membuat objek mengecil

Cara Membuat Animasi Gerak dengan pergeseran tempat

Dan Untuk pertemuan kali pada postingan ini kita akan membuat animasi sebuah objek yang dapat bergerak/ bergeser dari suatu tempat ke tempat lain (ke samping, ke atas, ke bawah dan sebagainya) langkah-langkahnya sebagai berikut: 1. Setelah membuat file baru, pilih Oval tool pada toolbar (atau tool yang lain sesuai bentuk objek yang akan dibuat). 2. Buat sebuah lingkaran pada layar kerja. Lingkaran pada lembar kerja 3. Pilih Selection tool , kemudian klik dua kali pada lingkaran untuk mengaktifkan lingkaran. 4. Pilih Modify > Convert to symbol modify 5. Pada kotak dialog  convert to simbol yang tampil isikan  Name lingkaran dan Type pilih Graphic seperti berikut: convert to simbol 6. Pilih OK 7. Klik mouse di frame 30 pada Timeline , kemudian pilih Insert > Timeline > Keyframe atau Klik kanan mouse pilih Insert Keyframe .   insert keyframe 8. Klik mouse pada lingkaran, kemudian geser lingkaran ke sembarang tempat (sebagai contoh di sini dige