Skip to main content

Cara menggunakan dasar tool-tool pada Adobe Flash CS3

Setelah kita mempelajari dari awal tentang apa itu animasi sampai macam-macamnya software yang digunakan dalam pembuatan animasi tetapi dalam hal ini yang kita pakai softwarenya yaitu Adobe Flash CS3 Professional, Sekarang kita akan menggunakan garis dengan Line tool sebagai awal kita mempelajari bersama-sama baiklah kita mulai :

1. Cara Membuat garis dengan Line tool
Adobe Flash CS3 telah menyediakan pilihan untuk membuat beragam bentuk garis. Pilih ikon Line Tool pada toolbar di sisi kiri layar, kemudian lihat pilihannya di panel Properties di sebelah kiri bawah layar, Masukkan angka ketebalannya. Dan untuk memulai garis klik pada stage dan drag sepanjang yang anda inginkan. Dan perhatikan gambar di bawah ini dan perhatikan toolbar pada line tool yang dipilih untuk membuat garis ;
Line tool
2. Cara Membuat garis dengan pencil tool
Dan sekarang Untuk membuat garis bebas, Pilih ikon Pencil Tool pada toolbar sisi kiri dan pilih warnanya pada panel Colors di bawahnya. Untuk membuat garis lurus, pada panel Options di bawah toolbar pilihlah opsi Straighten, untuk garis lengkung yang halus pilih Smooth dan untuk membuat garis sesuai dengan gerakan mouse pilih Ink.
Pencil tool
3. Cara Menggambar lingkaran atau ellips
Dan untuk menggambar lingkaran Pilih Oval Tool untuk menggambar bentuk lingkaran atau elips. Untuk memulai menggambar, klik pada stage dan drag sebesar lingkaran atau oval yang Anda inginkan. Adapun jenis dan warna garis serta sisi bentuk itu dapat dipilih pada panel Colors.
Ellips tool

4. Cara Menggambar kotak (Rectangle Tool)
Untuk menggmbar kotak, maka Pilih Rectangle Tool untuk menggambar bentuk kotak pada layar. Untuk memulai menggambar, klik pada stage dan drag sebesar kotak yang Anda inginkan. Adapun jenis dan warna garis serta warna isi (fill) bentuk itu dapat dipilih pada panel Colors.
rectangle

Apabila Anda ingin bentuk sudut kotak tidak berbentuk lancip tetapi berupa sudut yang halus (lengkung), Anda dapat mengubahnya dengan cara pilih Rectangle Tool dan rubah nilai yang ada pada panel Properties dan masukkan nilai 10 seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini. dan Lalu mulailah menggambar kotak dan hasilnya akan terlihat
perubahan pada bila ujung kotak di ubah ukurannya
5. Cara Menggambar bentuk bersegi banyak
Untuk menggambar bentuk bersegi banyak, Klik dan tahan pada Rectangle tool, kemudian pilih PolyStar tool. Untuk memilih bentuk bersegi banyak atau bintang, Pilih Options pada panel Properties, Kemudian pada jendela dialog Tool Settings yang muncul Anda dapat memilih bentuk yang diinginkan serta dapat mengisikan angka berapa segi banyak yang akan dibuat.
Polystar tool
Setting polystar
Untuk menggambarnya, Klik mouse pada stage kemudian drag sesuai besarnya objek yang diperlukan.





6. Cara Menggambar bentuk bebas atau unik
Dan Untuk membuat bentuk bebas atau unik Anda dapat menggunakan Pen Tool. Klik mouse pada stage, drag dan lepas, maka garis akan terbentuk. Gerakkan kembali mouse ke arah yang diinginkan dklik untuk membuat sudut atau anchor point. Bila bentuknya merupakan kurva tertutup maka dapat diberi warna.

pen tool
7. Cara Mengubah Ukuran Objek
Pilih Selection Tool klik dua kali pada gambar/objek yang akan diubah ukurannya. Pilih Free Transform Tool, maka pada ujung bentuk akan muncul kotak kecil atau handle. Pada panel Option pilih opsi Scale. Klik pada salah satu titik kemudian drag kotak kecil tersebut ke arah luar, ukuran akan membesar dan drag ke arah dalam maka ukuran akan mengecil.
Free transform

8. Cara Memutar Objek
Pilih Selection Tool klik dua kali pada gambar/objek yang akan diputar. Pilih Free Transform Tool, maka pada ujung bentuk akan muncul kotak kecil atau handle.Pada panel Option pilih opsi Rotate and Skew pada panel Option kemudian arahkan mouse mendekati salah satu handle yang ada di sudut hingga kursor membentuk panah melingkar. Klik dan drag ke arah putaran yang diinginkan.

opsi rotasi

Comments

Popular posts from this blog

Istilah-istilah dalam flash

Perlu kita ketahui sebelum kita mempelajari lebih jauh tentang Flash kita harus tau dan mengetahui atau paling tidak kita memahami tentang istilah-istilah yang ada pada flash tersebut agar kita di saat mempelajari lebih lanjut lebih mudah dalam mempelajarinya baiklah perhatikan istilah tersebut di bawah ini ; Timeline : bagian yang digunakan untuk mengatur susunan layer.   Layer : bagian yang digunakan untuk mengatur susunan dari obyekyang tampak di stage.   Scane/stage : layar yang digunakan untuk menyusun obyek gambar , teks, animasi dll.   Frame : suatu bagian dari layer yang digunakan untuk mengatur pergerakan animasi.   Keyframe: suatu tanda yang digunakan untuk membatasi suatu gerakan animasi.   Animasi : sebuah gerakan obyek maupun teks yang diatur sedemikian rupa sehingga kelihatan menarik.   Movie clip: suatu animasi yang dapat di gabungkan dengan animasi atau obyek lain.   Action/script : suatu perintah yang diletakkan pada sua...

Cara Menggunakan Warna pada Adobe Flash CS3 Professional

1. Mengganti Warna Pada pertemuan kali kita akan belajar bagaimana caranya Untuk mengganti warna isi atau garis dari bentuk yang telah dibuat dapat dilakukan dengan menyeleksi/memilih bentuk yang akan diganti dengan menggunakan Selection Tool . Double-klik gambar yang ingin diganti warnanya, kemudian pada panel Colors pilih opsi Stroke Color . Klik dan pilih warna untuk mengubah warna garis atau pilih Fill Color   Klik dan pilih warna untuk mengubah warna isi bentuk. mari kita mulai untuk belajar bersama-sama caranya menggunakan warna pada adobe flash CS3 perhatikan gambar di bawah ini : Stroke color 2. Gradasi Dan Untuk memberi warna gradasi bada suatu gambar/objek, pilih menu Window Color Mixer , jendela Color Mixer akan muncul di sebelah kanan layar. Pilih gambar/objek yang akan diberi warna gradasi dengan Selection Tool , pada pull-down menu di panel Color Mixer , pilih Type Radial . Pilih warna yang lebih terang untuk bagian sebelah kiri, sedangkan bagian ka...

Cara membuat tombol kontrol play dan stop pada adobe flash CS3

Pada postingan berikut ini digunakan sebagai pelengkap tutorial Pause dan Play Suara. Pada tutorial kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara menghentikan suara yang sedang dimainkan. Sebenarnya pada script Pause dan Play Suara sudah ada. Tapi karena digunakan dalam tombol pause, mungkin ada yang belum tahu. Untuk menghentikan suara kita cukup menuliskan stop() pada variable yang menampung suara yang sedang dimainkan. Misalnya : suara ditampung pada variable Musicz , maka untuk menghentikannya kita menuliskan Musicz.stop() Setelah mengikuti kegiatan belajar ini, Anda diharapkan dapat: Membuat tombol dan Mamberi action pada tombol Dan Membuat tombol kontrol kita bisa menggunakan sesuai dengan keinginan bisa mengunakan panel Library atau kita bisa juga dengan mendesign sendiri dengan menggunakan menu toolbar yang tersedia A. Membuat Tombol Buka file animasi masking (ini hanya untuk mempercepat tutorial) Buat layer baru, beri nama Kontrol . Seperti gambar dibawah in...