Untuk postingan kali ini kita akan belajar caranya mengimport gambar bitmap agar bisa di kelola pada Adobe Flash CS3 menjadi bentuk Bitmap, baiklah kita mulai dan mari kita pelajari bersama-sama langkah-langkah di bawah ini:
1. Mengimpor Gambar
Pertama Untuk memasukkan gambar dalam format bitmap, seperti misalnya foto, ke dalam movie dapat dilakukan dengan cara mengimpor gambar/foto tersebut. Pilih menu File – Import – Import to Stage, lalu cari letaknya direktori gambar yang akan diimpor. seperti gambar di bawah ini:
1. Mengimpor Gambar
Pertama Untuk memasukkan gambar dalam format bitmap, seperti misalnya foto, ke dalam movie dapat dilakukan dengan cara mengimpor gambar/foto tersebut. Pilih menu File – Import – Import to Stage, lalu cari letaknya direktori gambar yang akan diimpor. seperti gambar di bawah ini:
![]() |
Import stage |
2. Memperbesar/memperkecil
Dan Untuk memperbesar atau memperkecil ukuran gambar dapat dilakukan dengan menggunakan Scale Tool pada toolbar disebelah kiri. Agar ukuran gambar tidak distorsi, tekan Shift pada keyboard pada saat memperbesar/memperkecil gambar. Perhatikan gambar di bawah ini:
![]() |
Scale Tool |
3. Mengubah Bitmap menjadi Vektor (Trace Bitmap)
Serta Dalam Flash terdapat fasilitas untuk mengubah gambar dalam format bitmap menjadi vektor, yaitu menu Trace Bitmap. Fasilitas ini berguna untuk mengurangi besarnya file karena penggunaan gambar bitmap dalam animasi. Namun tentunya kualitas gambar bitmap itu sendiri akan mengalami penurunan. Untuk mengaplikasi Trace Bitmap pada gambar/foto yang telah kita impor, sebelumnya pilih/seleksi terlebih dulu gambarnya menggunakan Selection Tool pada toolbar. Kemudian pilih menu Modify – Bitmap – Trace Bitmap Perhatikan gambar di bawah ini:
Serta Dalam Flash terdapat fasilitas untuk mengubah gambar dalam format bitmap menjadi vektor, yaitu menu Trace Bitmap. Fasilitas ini berguna untuk mengurangi besarnya file karena penggunaan gambar bitmap dalam animasi. Namun tentunya kualitas gambar bitmap itu sendiri akan mengalami penurunan. Untuk mengaplikasi Trace Bitmap pada gambar/foto yang telah kita impor, sebelumnya pilih/seleksi terlebih dulu gambarnya menggunakan Selection Tool pada toolbar. Kemudian pilih menu Modify – Bitmap – Trace Bitmap Perhatikan gambar di bawah ini:
![]() |
Trace Bitmap |
Kemudian Setelah muncul kotak dialog Trace Bitmap, masukkan angka pada kolom Color Threshold dan Minimum Area . Semakin besar angka yang dimasukkan semakin besar pula file yang dikompres. Namun sebaiknya tidak memasukkan angka lebih kecil dari 10 (sepuluh) karena pengaruhnya pada pengurangan besarnya file sebagai tujuan utama Trace Bitmap akan sangat kecil. Bahkan pada beberapa komputer (dengan spesifikasi rendah) akan mengakibatkan hang, karena komputer dipaksa bekerja terlalu keras untuk menguraikan gambar tersebut. seperti gambar di bawah ini ;
![]() |
Color Threshold |
Lalu Setelah proses Tracing Bitmap selesai, pilih menu Modify – Group, agar gambar yang sudah di-trace tersebut terkumpul sebagai satu image.
![]() |
Modify – Group |
4. Pengolahan Gambar lebih lanjut
Untuk mendapatkan gambar dengan hasil olahan lebih lanjut, disarankan untuk menggunakan software lain yang memang dikhususkan untuk mengolah gambar/foto, seperti; Macromedia Fireworks, Adobe Photoshop atau Corel Photopaint. Adobe Flash CS3 Professional digunakan pada saat gambar tersebut telah siap untuk dianimasikan.
Untuk mendapatkan gambar dengan hasil olahan lebih lanjut, disarankan untuk menggunakan software lain yang memang dikhususkan untuk mengolah gambar/foto, seperti; Macromedia Fireworks, Adobe Photoshop atau Corel Photopaint. Adobe Flash CS3 Professional digunakan pada saat gambar tersebut telah siap untuk dianimasikan.
Comments
Post a Comment