Skip to main content

Cara Mengimport gambar pada Adobe Flash CS3 Professional

Untuk postingan kali ini kita akan belajar caranya mengimport gambar bitmap agar bisa di kelola pada Adobe Flash CS3 menjadi bentuk Bitmap, baiklah kita mulai dan mari kita pelajari bersama-sama langkah-langkah di bawah ini:
1. Mengimpor Gambar
Pertama Untuk memasukkan gambar dalam format bitmap, seperti misalnya foto, ke dalam movie dapat dilakukan dengan cara mengimpor gambar/foto tersebut. Pilih menu File – Import – Import to Stage, lalu cari letaknya direktori gambar yang akan diimpor. seperti gambar di bawah ini:
Import stage
2. Memperbesar/memperkecil
Dan Untuk memperbesar atau memperkecil ukuran gambar dapat dilakukan dengan menggunakan Scale Tool pada toolbar disebelah kiri. Agar ukuran gambar tidak distorsi, tekan Shift pada keyboard pada saat memperbesar/memperkecil gambar. Perhatikan gambar di bawah ini:
Scale Tool
3. Mengubah Bitmap menjadi Vektor (Trace Bitmap)
Serta Dalam Flash terdapat fasilitas untuk mengubah gambar dalam format bitmap menjadi vektor, yaitu menu Trace Bitmap. Fasilitas ini berguna untuk mengurangi besarnya file karena penggunaan gambar bitmap dalam animasi. Namun tentunya kualitas gambar bitmap itu sendiri akan mengalami penurunan. Untuk mengaplikasi Trace Bitmap pada gambar/foto yang telah kita impor, sebelumnya pilih/seleksi terlebih dulu gambarnya menggunakan Selection Tool pada toolbar. Kemudian pilih menu Modify – Bitmap – Trace Bitmap Perhatikan gambar di bawah ini:
Trace Bitmap
Kemudian Setelah muncul kotak dialog Trace Bitmap, masukkan angka pada kolom Color Threshold dan Minimum Area . Semakin besar angka yang dimasukkan semakin besar pula file yang dikompres. Namun sebaiknya tidak memasukkan angka lebih kecil dari 10 (sepuluh) karena pengaruhnya pada pengurangan besarnya file sebagai tujuan utama Trace Bitmap akan sangat kecil. Bahkan pada beberapa komputer (dengan spesifikasi rendah) akan mengakibatkan hang, karena komputer dipaksa bekerja terlalu keras untuk menguraikan gambar tersebut. seperti gambar di bawah ini ;
Color Threshold
Lalu Setelah proses Tracing Bitmap selesai, pilih menu Modify – Group, agar gambar yang sudah di-trace tersebut terkumpul sebagai satu image.
Modify – Group
4. Pengolahan Gambar lebih lanjut
Untuk mendapatkan gambar dengan hasil olahan lebih lanjut, disarankan untuk menggunakan software lain yang memang dikhususkan untuk mengolah gambar/foto, seperti; Macromedia Fireworks, Adobe Photoshop atau Corel Photopaint. Adobe Flash CS3 Professional digunakan pada saat gambar tersebut telah siap untuk dianimasikan.

Comments

Popular posts from this blog

Istilah-istilah dalam flash

Perlu kita ketahui sebelum kita mempelajari lebih jauh tentang Flash kita harus tau dan mengetahui atau paling tidak kita memahami tentang istilah-istilah yang ada pada flash tersebut agar kita di saat mempelajari lebih lanjut lebih mudah dalam mempelajarinya baiklah perhatikan istilah tersebut di bawah ini ; Timeline : bagian yang digunakan untuk mengatur susunan layer.   Layer : bagian yang digunakan untuk mengatur susunan dari obyekyang tampak di stage.   Scane/stage : layar yang digunakan untuk menyusun obyek gambar , teks, animasi dll.   Frame : suatu bagian dari layer yang digunakan untuk mengatur pergerakan animasi.   Keyframe: suatu tanda yang digunakan untuk membatasi suatu gerakan animasi.   Animasi : sebuah gerakan obyek maupun teks yang diatur sedemikian rupa sehingga kelihatan menarik.   Movie clip: suatu animasi yang dapat di gabungkan dengan animasi atau obyek lain.   Action/script : suatu perintah yang diletakkan pada sua...

Cara menggunakan dasar tool-tool pada Adobe Flash CS3

Setelah kita mempelajari dari awal tentang apa itu animasi sampai macam-macamnya software yang digunakan dalam pembuatan animasi tetapi dalam hal ini yang kita pakai softwarenya yaitu Adobe Flash CS3 Professional, Sekarang kita akan menggunakan garis dengan Line tool sebagai awal kita mempelajari bersama-sama baiklah kita mulai : 1. Cara Membuat garis dengan Line tool Adobe Flash CS3 telah menyediakan pilihan untuk membuat beragam bentuk garis. Pilih ikon Line Tool pada toolbar di sisi kiri layar, kemudian lihat pilihannya di panel Properties di sebelah kiri bawah layar, Masukkan angka ketebalannya. Dan untuk memulai garis klik pada stage dan drag sepanjang yang anda inginkan. Dan perhatikan gambar di bawah ini dan perhatikan toolbar pada line tool yang dipilih untuk membuat garis ; Line tool 2. Cara Membuat garis dengan pencil tool Dan sekarang Untuk membuat garis bebas, Pilih ikon Pencil Tool pada toolbar sisi kiri dan pilih warnanya pada panel Colors di bawahnya. U...

Cara membuat tombol kontrol play dan stop pada adobe flash CS3

Pada postingan berikut ini digunakan sebagai pelengkap tutorial Pause dan Play Suara. Pada tutorial kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara menghentikan suara yang sedang dimainkan. Sebenarnya pada script Pause dan Play Suara sudah ada. Tapi karena digunakan dalam tombol pause, mungkin ada yang belum tahu. Untuk menghentikan suara kita cukup menuliskan stop() pada variable yang menampung suara yang sedang dimainkan. Misalnya : suara ditampung pada variable Musicz , maka untuk menghentikannya kita menuliskan Musicz.stop() Setelah mengikuti kegiatan belajar ini, Anda diharapkan dapat: Membuat tombol dan Mamberi action pada tombol Dan Membuat tombol kontrol kita bisa menggunakan sesuai dengan keinginan bisa mengunakan panel Library atau kita bisa juga dengan mendesign sendiri dengan menggunakan menu toolbar yang tersedia A. Membuat Tombol Buka file animasi masking (ini hanya untuk mempercepat tutorial) Buat layer baru, beri nama Kontrol . Seperti gambar dibawah in...