Sebelum kita mempelajari lebih lanjut tentang flash sebaiknya kita mengenal dulu apa itu animasi bersama-sama dan pada prinsipnya animasi itu dibagi menjadi beberapa bagian yaitu:
- A. Prinsip-prinsip dasar animasi
- B. Jenis-jenis Animasi
- C. Software Animasi itu sendiri
Animasi berasal dari kata "Animation" yang dalam bahasa inggrisnya "to animated" yang berarti menggerakkan. Jadi animasi dapat diartikan sebagai menggerakkan sesuatu (gambar atau obyek) yang diam. Sejarah animasi di mulai dari jaman purba dengan ditemukannya lukisan-lukisan pada dinding goa di Spanyol yang menggambarkan "gerak" dan binatang-binatang. pada 4000 tahun silam bangsa Mesir juga mencoba menghidupkan suatu peristiwa dengan gambar-gambar yang dibuat berurutan pada dinding.
Sejak menyadari bahwa gambar bisa dipakai sebagai alternatif media komunikasi, timbul keinginan menghidupkan lambang-lambang tersebut menjadi cermin kebudayaan. Terbukti dengan diketemukannya berbagai artefak pada peradapan Mesir Kuno 2000 sebelum masehi. Salah satunya adalah beberapa panel yang menggambarkan aksi dua pegulat dalam berbagai pose.
Animasi sendiri tidak akan pernah berkembang tanpa ditemukannya prinsip dasar dari karakter mata manusia yaitu: persistance of vision (pola penglihatan yang teratur). Paul Roget, Joseph Plateau dan Pierre desgenes, melalui peralatan optic yang mereka ciptakan, berhasil membuktikan bahwa mata manusia cenderung menangkap urutan gambar-gambar pada tenggang waktu tertentu sebagai suatu pola. dalam perkembangannya animasi secara umum bisa didefinisikan sebagai :
Suatu sequence gambar yang diekspos pada tenggang waktu tertentu sehingga tercipta ilusi gambar bergerak.
B. Jenis-jenis Animasi
Dilihat dari teknik pembuatannya animasi yang ada saat ini dapat dikategorikan menjadi tiga diantaranya yaitu:
- Animasi Stop motion (Stop Motion Animation)
- Animasi Tradisional (Traditional animation)
- Animasi Komputer (Computer Graphics Animation)
1. Animasi Stop motion (Stop Motion Animation)
Stop Motion Animation sering disebut claymation karena dalam perkembanganya, jenis animasi ini sering menggunakan clay (tanah liat) sebagai obyek yang digerakkan. Tehnik stop motion animation merupakan animasi yang dihasilkan dari penggambilan gambar berupa obyek (boneka atau yang lainnya) yang digerakkan setahap demi tahap. dalam pengerjaannya teknik ini memiliki tingkat kesulitan dan memerlukan kesabaran yang tinggi. Wallace and Gromit dan Chicken Run, karya Nick Parks, merupakan salah satu contoh karya stop motion animation. contoh lainnya adalah Celebrity Deadmatch di MTV yang menyajikan adegan perkelahian antara berbagai selebriti dunia.
Tradisional animasi adalah tehnik animasi yang paling umum dikenal sampai saat ini. Dinamakan tradisional karena tehnik animasi inilah yang digunakan pada saat animasi pertama kali dikembangkan. tradisionalanimasi juga sering disebut cel animation karena tehnik pengerjaannya dilakukan pada celluloid transparent yang sekilas mirip sekali dengan tranparansi OHP yang sering kita gunakan. Pada pembuatan animasi tradisional, setiap tahap gerakan digambarkan satu persatu diatas cel.
Dengan berkembangnya teknologi komputer, pembuatan animasi tradisional ini telah dikerjakan dengan mengunakan komputer. Dewasa ini tehnik pembuatan animasi tradisional yang dibuat dengan menggunakan komputer lebih dikenal istilah animasi 2 dimensi.
Sesuai dengan namanya, animasi ini secara keseluruhan dikerjakan dengan menggunakan komputer. Dari pembuatan karakter, mengaur gerakkan 'pemain' dan kamera, pemberian suara, serta special effecknya dikerjakan dengan komputer. dengan animasi komputer, hal-hal yang awalnya tidak mungkin digambarkan dengan animasi menjadi mungkin dan lebih mudah. Sebagai contoh perjalanan wahana ruang angkasa ke suatu planet dapat digambarkan secara jelas, atau prosesnya terjadi tsunami.
C. Software Animasi itu sendiri
Saat ini terdapat banyak jenis software animasi yang beredar dari software yang mempunyai kemampuan yang sederhana hinga yang komplek dari yang gratis hingga puluhan juta rupiah. Dari sisi fungsi penggunaan software animasi dapat dikelompokkan menjadi software animasi 2Dimensi dan software animasi 3 Dimensi.
1. Software animasi 2 dimensi
Software animasi 2D adalah software yang digunakan untuk membuat animasi tradisional (flat animation) umunya mempunyai kemampuan untuk menggambar, mengatur gerak, mengatur waktu, beberapa dapat mengimpor suara. Dari sisi penggunaan umumnya tidak sulit. Contoh dari software Animasi 2D yaitu : Macromedia Flash, Macromedia Director, ToonBoom Studio, Adobe ImageReady, Corel RaVe, Swish Max, Adobe After Effect dan Adobe Flash.
2. Software animasi 3 dimensi
Software animasi 3D mempunyai fasilitas dan kemampuan yang canggih untuk membuat animasi 3 dimensi. Fasilitas dan kemampuan tersebut antara lain, membuat obyek 3D, pengaturan gerak kamera, pemberian efek, import video dan suara, serta masih banyak lagi. Beberapa software animasi 3D mempunyai kemampuan khusus, misalnya untuk animasi figure (manusia), animasi landscape (pemandangan) animasi title (judul) dan lain-lain. Karena kemampuannya yang canggih, dalam penggunaannya diperlukan pengetahuan yang cukup tinggi dan terkadang rumit. COntoh ndari Software Animasi 3D adalah 3D Studio Max, Maya, Poser (figure animation), Bryce (landscape animation), VUe (landscape animation), Cinema 4D, Blender (gratis), Daz 3D (gratis)
Comments
Post a Comment