Skip to main content

Mengenal apa itu animasi

Sebelum kita mempelajari lebih lanjut tentang flash sebaiknya kita mengenal dulu apa itu animasi bersama-sama dan pada prinsipnya animasi itu dibagi menjadi beberapa bagian yaitu:
  • A. Prinsip-prinsip dasar animasi
  • B. Jenis-jenis Animasi
  • C. Software Animasi itu sendiri
A. Prinsip-prinsip dasar animasi
Animasi berasal dari kata "Animation" yang dalam bahasa inggrisnya "to animated" yang berarti menggerakkan. Jadi animasi dapat diartikan sebagai menggerakkan sesuatu (gambar atau obyek) yang diam. Sejarah animasi di mulai dari jaman purba dengan ditemukannya lukisan-lukisan pada dinding goa di Spanyol yang menggambarkan "gerak" dan binatang-binatang. pada 4000 tahun silam bangsa Mesir juga mencoba menghidupkan suatu peristiwa dengan gambar-gambar yang dibuat berurutan pada dinding.
Sejak menyadari bahwa gambar bisa dipakai sebagai alternatif media komunikasi, timbul keinginan menghidupkan lambang-lambang tersebut menjadi cermin kebudayaan. Terbukti dengan diketemukannya berbagai artefak pada peradapan Mesir Kuno 2000 sebelum masehi. Salah satunya adalah beberapa panel yang menggambarkan aksi dua pegulat dalam berbagai pose.
Animasi sendiri tidak akan pernah berkembang tanpa ditemukannya prinsip dasar dari karakter mata manusia yaitu: persistance of vision (pola penglihatan yang teratur). Paul Roget, Joseph Plateau dan Pierre desgenes, melalui peralatan optic yang mereka ciptakan, berhasil membuktikan bahwa mata manusia cenderung menangkap urutan gambar-gambar pada tenggang waktu tertentu sebagai suatu pola. dalam perkembangannya animasi secara umum bisa didefinisikan sebagai :
Suatu sequence gambar yang diekspos pada tenggang waktu tertentu sehingga tercipta ilusi gambar bergerak.

B. Jenis-jenis Animasi
Dilihat dari teknik pembuatannya animasi yang ada saat ini dapat dikategorikan menjadi tiga diantaranya yaitu:
  1. Animasi Stop motion (Stop Motion Animation)
  2. Animasi Tradisional (Traditional animation)
  3. Animasi Komputer (Computer Graphics Animation)
 Keterangan dari ketiga kategori diatas adalah :
1. Animasi Stop motion (Stop Motion Animation)
Stop Motion Animation sering disebut claymation karena dalam perkembanganya, jenis animasi ini sering menggunakan clay (tanah liat) sebagai obyek yang digerakkan. Tehnik stop motion animation merupakan animasi yang dihasilkan dari penggambilan gambar berupa obyek (boneka atau yang lainnya) yang digerakkan setahap demi tahap. dalam pengerjaannya teknik ini memiliki tingkat kesulitan dan memerlukan kesabaran yang tinggi. Wallace and Gromit dan Chicken Run, karya Nick Parks, merupakan salah satu contoh karya stop motion animation. contoh lainnya adalah Celebrity Deadmatch di MTV yang menyajikan adegan perkelahian antara berbagai selebriti dunia.

2. Animasi Tradisional (Traditional animation)
Tradisional animasi adalah tehnik animasi yang paling umum dikenal sampai saat ini. Dinamakan tradisional karena tehnik animasi inilah yang digunakan pada saat animasi pertama kali dikembangkan. tradisionalanimasi juga sering disebut cel animation karena tehnik pengerjaannya dilakukan pada celluloid transparent yang sekilas mirip sekali dengan tranparansi OHP yang sering kita gunakan. Pada pembuatan animasi tradisional, setiap tahap gerakan digambarkan satu persatu diatas cel.
Dengan berkembangnya teknologi komputer, pembuatan animasi tradisional ini telah dikerjakan dengan mengunakan komputer. Dewasa ini tehnik pembuatan animasi tradisional yang dibuat dengan menggunakan komputer lebih dikenal istilah animasi 2 dimensi. 

3.Animasi Komputer (Computer Graphics Animation)
Sesuai dengan namanya, animasi ini secara keseluruhan dikerjakan dengan menggunakan komputer. Dari pembuatan karakter, mengaur gerakkan 'pemain' dan kamera, pemberian suara, serta special effecknya dikerjakan dengan komputer. dengan animasi komputer, hal-hal yang awalnya tidak mungkin digambarkan dengan animasi menjadi mungkin dan lebih mudah. Sebagai contoh perjalanan wahana ruang angkasa ke suatu planet dapat digambarkan secara jelas, atau prosesnya terjadi tsunami.

C. Software Animasi itu sendiri
Saat ini terdapat banyak jenis software animasi yang beredar dari software yang mempunyai kemampuan yang sederhana hinga yang komplek dari yang gratis hingga puluhan juta rupiah. Dari sisi fungsi penggunaan software animasi dapat dikelompokkan menjadi software animasi 2Dimensi dan software animasi 3 Dimensi.
1. Software animasi 2 dimensi
Software animasi 2D adalah software yang digunakan untuk membuat animasi tradisional (flat animation) umunya mempunyai kemampuan untuk menggambar, mengatur gerak, mengatur waktu, beberapa dapat mengimpor suara. Dari sisi penggunaan umumnya tidak sulit. Contoh dari software Animasi 2D yaitu : Macromedia Flash, Macromedia Director, ToonBoom Studio, Adobe ImageReady, Corel RaVe, Swish Max, Adobe After Effect dan Adobe Flash.
 
2. Software animasi 3 dimensi
Software animasi 3D mempunyai fasilitas dan kemampuan yang canggih untuk membuat animasi 3 dimensi. Fasilitas dan kemampuan tersebut antara lain, membuat obyek 3D, pengaturan gerak kamera, pemberian efek, import video dan suara, serta masih banyak lagi. Beberapa software animasi 3D mempunyai kemampuan khusus, misalnya untuk animasi figure (manusia), animasi landscape (pemandangan) animasi title (judul) dan lain-lain. Karena kemampuannya yang canggih, dalam penggunaannya diperlukan pengetahuan yang cukup tinggi dan terkadang rumit. COntoh ndari Software Animasi 3D adalah 3D Studio Max, Maya, Poser (figure animation), Bryce (landscape animation), VUe (landscape animation), Cinema 4D, Blender (gratis), Daz 3D (gratis)

Comments

Popular posts from this blog

Istilah-istilah dalam flash

Perlu kita ketahui sebelum kita mempelajari lebih jauh tentang Flash kita harus tau dan mengetahui atau paling tidak kita memahami tentang istilah-istilah yang ada pada flash tersebut agar kita di saat mempelajari lebih lanjut lebih mudah dalam mempelajarinya baiklah perhatikan istilah tersebut di bawah ini ; Timeline : bagian yang digunakan untuk mengatur susunan layer.   Layer : bagian yang digunakan untuk mengatur susunan dari obyekyang tampak di stage.   Scane/stage : layar yang digunakan untuk menyusun obyek gambar , teks, animasi dll.   Frame : suatu bagian dari layer yang digunakan untuk mengatur pergerakan animasi.   Keyframe: suatu tanda yang digunakan untuk membatasi suatu gerakan animasi.   Animasi : sebuah gerakan obyek maupun teks yang diatur sedemikian rupa sehingga kelihatan menarik.   Movie clip: suatu animasi yang dapat di gabungkan dengan animasi atau obyek lain.   Action/script : suatu perintah yang diletakkan pada sua...

Cara menggunakan dasar tool-tool pada Adobe Flash CS3

Setelah kita mempelajari dari awal tentang apa itu animasi sampai macam-macamnya software yang digunakan dalam pembuatan animasi tetapi dalam hal ini yang kita pakai softwarenya yaitu Adobe Flash CS3 Professional, Sekarang kita akan menggunakan garis dengan Line tool sebagai awal kita mempelajari bersama-sama baiklah kita mulai : 1. Cara Membuat garis dengan Line tool Adobe Flash CS3 telah menyediakan pilihan untuk membuat beragam bentuk garis. Pilih ikon Line Tool pada toolbar di sisi kiri layar, kemudian lihat pilihannya di panel Properties di sebelah kiri bawah layar, Masukkan angka ketebalannya. Dan untuk memulai garis klik pada stage dan drag sepanjang yang anda inginkan. Dan perhatikan gambar di bawah ini dan perhatikan toolbar pada line tool yang dipilih untuk membuat garis ; Line tool 2. Cara Membuat garis dengan pencil tool Dan sekarang Untuk membuat garis bebas, Pilih ikon Pencil Tool pada toolbar sisi kiri dan pilih warnanya pada panel Colors di bawahnya. U...

Cara membuat tombol kontrol play dan stop pada adobe flash CS3

Pada postingan berikut ini digunakan sebagai pelengkap tutorial Pause dan Play Suara. Pada tutorial kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara menghentikan suara yang sedang dimainkan. Sebenarnya pada script Pause dan Play Suara sudah ada. Tapi karena digunakan dalam tombol pause, mungkin ada yang belum tahu. Untuk menghentikan suara kita cukup menuliskan stop() pada variable yang menampung suara yang sedang dimainkan. Misalnya : suara ditampung pada variable Musicz , maka untuk menghentikannya kita menuliskan Musicz.stop() Setelah mengikuti kegiatan belajar ini, Anda diharapkan dapat: Membuat tombol dan Mamberi action pada tombol Dan Membuat tombol kontrol kita bisa menggunakan sesuai dengan keinginan bisa mengunakan panel Library atau kita bisa juga dengan mendesign sendiri dengan menggunakan menu toolbar yang tersedia A. Membuat Tombol Buka file animasi masking (ini hanya untuk mempercepat tutorial) Buat layer baru, beri nama Kontrol . Seperti gambar dibawah in...